Setting DHCP server di linux ubuntu, cara pemakaian DHCP server

Posted by Riken Afani on October 2, 2011


  • untuk menginstall DHCP di linux, langkah pertamanya yaitu buka terminal lalu ketikkan "sudo apt-get install dhcp3-server", setelah selesai DHCP akan otomatis berjalan ditandai dengan adanya tulisan FAIL, jangan panik, karena kita belum konfigurasi dhcp, sehingga tulisan FAIL itu muncul..

  • setelah itu, ketikkan perinta "sudo nano /etc/default/dhcp3-server" pada terminal, jika sudah terbuka cari tulisan INTERFACES="", isi tanda petik itu dengan "eth0" ( tanpa tanda kutip ), lalu tekan ctrl+x lalu y, lalu enter untuk menyimpan settingan tadi..

  • setelah itu, ketikkan  perintah "sudo nano /etc/dhcp3/dhcpd.conf" untuk mensetting config file DHCP, yang berguna untuk mensetting ip range, subnet, netmask, dan lain lain. lalu ganti isi conf anda dengan tulisan ini :

    Spoiler for : DHCPD.conf 

  • setelah itu, ketikkan perintah "sudo /etc/init.d/dhcp3-server restart" untuk merestart DHCP nya, lalu buka OS lain yang terhubung, dan biarkan IPnya otomatis, lalu coba buka CMD (saya menggunakan REACTOS) ketikan "ipconfig", jika sudah terlihat ip, berarti instalasi DHCP server inux anda sudah sukses..:D 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...